top of page
  • Gambar penulisNutrisalin

Mengenal DIET DASH. Diet Sehat Khusus Penderita Hipertensi


Diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) merupakan pola makan yang paling direkomendasikan untuk penderita darah tinggi saat ini. Selain beralih menggunakan garam diet seperti Garam Nutrisalin, diet DASH adalah diet yang baik untuk penderita hipertensi.


Diet DASH bermula pada tahun 1990-an dimana diduga bahwa pola makan berpengaruh terhadap terjadinya hipertensi. Pada tahun 1992 National Institute of Health (NIH) memulai proyek penelitian untuk mengetahui intervensi pola makan untuk mengobati hipertensi. Penelitian itu dilakukan dengan mengubah pola makan penderita tanpa merubah pola gaya hidup lainnya.



Penelitian tersebut menunjukkan bahwa intervensi pola makan ternyata mampu menurunkan tekanan darah sistolik hingga 6-11 mmHg pada penderita hipertensi maupun penderita dengan tekanan darah yang normal. Penelitian lainnya menyebutkan bahwa pola makan ini dapat menurunkan tekanan darah sistol sebesar 5,5 mmHg dan tekanan diastol sebesar 3 mmHg dalam waktu hanya dua minggu.

Berbagai penelitian lainnya memang menunjukkan penurunan tekanan darah melalui intervensi pola makan dengan penurunan tekanan darah yang berbeda-beda. Hal ini menjadikan diet DASH sebagai pilihan terapi utama dikuti dengan modifikasi gaya hidup lainnya.







Nutrisi pada diet DASH ini tinggi serat, protein, magnesium, kalsium, kalium dan rendah akan lemak tidak jenuh. Nutrisi tersebut dapat mencegah disfungsi dinding pembuluh darah. Berikut panduan diet DASH untuk pola makan sehari-hari (3x makan dalam sehari).



  • Sayuran dan buah : sekitar 5 porsi sehari

  • Karbohidrat : sekitar 7 porsi sehari

  • Produk susu rendah lemak : sekitar 2 porsi sehari

  • Daging tanpa lemak : kurang dari 2 porsi sehari

  • Kacang dan biji-bijian : 2 hingga 3 kali perminggu



Mengganti garam dapurmu dengan GARAM DIET Nutrisalin / Nutrigaram.

Pada dasarnya, Nutrisalin di peruntukan kepada teman teman yang dianjurkan untuk melakukan diet garam, mengurangi asupan garam tanpa kehilangan RASA ASIN nya.

Bisa di konsumsi dengan baik untuk masakan sehat.








Nutrisalin dan Nutrigaram hadir sebagai pengganti garam dapur yang menjadi solusi diet maupun solusi kesehatan bagi para penderita hipertensi beserta keluarganya, orang yang sedang diet namun tidak mau makanannya harus hambar, atau para fitness body builder. Nutrisalin sendiri sudah sejak 1996 terdaftar sertifikasi Halal MUI, BPOM dan COA dari Laboratorium.


17 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page